Visi

Menjadi Lembaga yang mandiri dan kredibel serta sebagai ikon pengembangan budaya transparasi di Indonesia

Misi

  1. Optimalisasi Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Riau sebagai Pusat Penyelesaian Sengketa-dimana lembaga ini akan mengembangkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk mampu menjadi titik dari kasus-kasus sengketa informasi yang ditangani dengan berpedoman pada kepuasan para pihak yang bersengketa dan aturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Penyelenggara Palayanan secara Prima-dimana lembaga ini akan mendorong terciptanya pelayanan yang
    • P (Positif- menanggapi segala keluhan yang diterima sebagai hal yang positif, non diskriminatif serta tidak memihak),
    • R (Rinci-memberikan informasi yang diberikansecara rinci,detail dan menyeluruh sesuai dengan tata aturan yang berlaku),
    • I (Imbang memberikan pelayanan yang dikehendaki secara seimbang bahkan pada pihak- pihak yang bersengketa sekali pun).
    • M (Mandiri-bebas tidak terikat dan berafiliasi dengan lembaga-lembaga lain selama terkait dengan sengketa yang dihadapi)
    • A (Atraktif-memberi pelayanan secara menarik dengan tetap mengacu pada keterbukaan, kecepatan dan ketepatan atas informasi yang digunakan)
  3. Edukasi Publik-Dimana Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Riau ini akan mendorong terwujudnya masyarakat yang tebuka terhadap informasi, baik yang dibutuhkan (yang sesuai kebutuhan sendiri) maupun yang diharapkan (yang sesuai dengan kebutuhan publik)