Ketua Majelis Komisioner (MK) Komisi Informasi Publik (KIP) Evy Trisulo D beranggotakan Dyah Aryani dan Yhannu Setyawan serta Panitera Pengganti Indah Puji Rahayu memutuskan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Madiun untuk membuka informasi Dokumen AJB hanya kepada Pemohon.Pembacaan putusan sidang ajudikasi non litigasi dengan nomor register sengketa 015/III/KIP-PS/2016 antara Pemohon Abu Taram dengan Termohon Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Madiun dilakukan pada Kamis (6/10) di Madiun.



Dalam amar putusannya, MK mengabulkan permohon informasi pemohon untk sebagian. MK juga Menyatakan informasi berupa Fotocopy Akta Jual Beli Nomor 355/Mjn/VII/1990merupakan informasi publik yang bersifat terbuka hanya untuk Pemohon.

Majelis berpendapat bahwa pada prinsipnya informasi yang menjadi sengketa a quomerupakan informasi yang dikecualikan berdasarkan Pasal 17 huruf g UU KIP, namun karena informasi yang menjadi poko perkara berkaitan dengan pengungkapan isi akta otentik yang bersifat pribadi pada diri Pemohon, sehingga informasi tersebut bersifat terbuka hanya untuk Pemohon. 

Bersamaan dengan itu, MK tetap memberikan kesempatan kepada para pihak, baik Pemohon maupun  Termohon dapat menolak atau menerima putusan tersebut. Dengan catatan, penolakan dapat dilakukan oleh para pihak sebelum putusan tersebut inkrah, yakni dalam masa waktu 14 hari sejak putus dibacakan di persidangan ini. (Sumber:Komisi Informasi Pusat)