Lomba Karya Jurnalistik Transparansi Award 2016

Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Riau (KI Kepri) kembali menggelar Lomba Karya Jurnalistik Transparansi Award. Lomba yang memperebutkan tropy, piagam dan puluhan juta hadiah tersebut merupakan persembahan kedua kalinya, sejak KI Kepri terbentuk.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Riau Arifuddin Jalil mengatakan, lomba tersebut bertujuan untuk melahirkan penulis handal dalam bidang jurnalistik, khususnya penulisan yang terkait dengan keterbukaan informasi publik. “Ini merupakan salah satu upaya pelibatan masyarakat dalam memahami pelaksanaan Undang-Undang Keterbukaan Informasi. Karya jurnalistik, yang obyektif dan profesional sangat diperlukan hadir di tengah publik,” kata Arifuddin Jalil di Kantor KI Kepri.

Peran pers, lanjut Komisoner KI Kepri tersebut, dalam mensosialisasikan atau menyampaikan informasi publik kepada masyarakat dinilai cukup strategis. “Olehnya itu, kami mengajak teman media, baik media cetak atau online untuk berpartisipasi aktif dalam lomba ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, pihaknya membuka kesempatan kepada masyarakat Kepulauan Riau untuk mengikuti Lomba Karya Jurnalistik bertemakan Transparansi tersebut. Lomba ini dibagi dalam tiga kategori yakni kategori berita, fotografi, dan kategori media sosial. Kategori berita dan fotografi ini hanya diikuti oleh pemegang kartu pers, sedangkan kategori media sosial dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat umum dari semua golongan, khususnya masyarakat Kepulauan Riau dalam bentuk foto yang di-upload di Facebook.

“Penganugerahan Lomba Karya Jurnalistik Transparansi ini akan diumumkan di Kota Batam”, ujar Hj. Liesminidiningsih, SH., selaku penanggung jawab acara dalam rapat pembahasan teknis lomba. Ia juga menyatakan bahwa lomba ini diharapkan menjadi suatu bentuk dukungan untuk pemerintah agar program kerja pemerintah yang transparan.

Kegiatan lomba ini akan ditutup 20 Oktober 2016, diharapkan agar lomba ini mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Sosialisasi kegiatan Lomba Karya Jurnalistik Pembangun Transparansi akan disosialisasikan di berbagai media, termasuk media cetak, televisi lokal, dan RRI Tanjungpinang dan RRI Batam, begitu juga dengan media sosial seperti Facebook sebagai sarana lomba.

Lomba Karya Jurnalistik disosialisasikan berbagai media setempat agar informasi lomba dapat diterima hingga kesemua lapisan masyarakat, khususnya masyarakat Kepri. Hal ini dirujukkan sebagai cerminan keterbukaan Informasi Publik terhadap perluasannya ke masyarakat dalam rangka perayaan Hari Hak untuk Tahu.(Tim KI Kepri)